panduan

WISATA DIENG

by :Semar Dieng Tour and Travel

Mengapa bagi sebagian Wisatawan Homestay lebih menarik daripada Hotel?

Mengapa bagi sebagian Wisatawan Homestay lebih menarik daripada Hotel?

Selain seputar Tujuan Wisata, Masalah Penginapan adalah faktor penting untuk dipikirkan saat berlibur. Pada umumnya, para wisatawan memilih hotel sebagai tempat beristirahat saat liburan ke suatu daerah wisata, dengan berbagai macam pertimbangan seperti contohnya seputar Fasilitas dan kenyamanan yang pada umumnya dimiliki hotel.

Namun sekali waktu, jika anda berwisata ke suatu tempat yang baru, cobalah menginap di Homestay sebagai alternatif pilihan. Kenapa?

Selain penawaran Harga yang lebih rendah, Penginapan berbentuk Homestay juga memberi pengalaman kepada tamu yang bisa jadi tidak bisa didapatkan jika anda menginap di Hotel.

Sebagaimana dirujuk dari laman nationalgeographic Indonesia (09/2015), I Gede Ardika  yang merupakan anggota World Committee on Tourism Ethics sekaligus mantan Menteri Pariwisata,  dalam rangkaian acara IMT-GT Homestay Fair 2015, di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung menyatakan,
“Homestay yakni tempat menginap di mana tamu menginap dengan anggota keluarga. Kalau di hotel tetap aja yang dikenal hanya nomor kamar. Kalau homestay akan ada tegur sapa, ngopi bareng, ngeteh bareng,”
Adanya interaksi antara pemilik rumah dan juga tamunya menurut Ardika dianggap sebagai nilai lebih yang ditawarkan homestay.

Sepakat dengan Ardika, Dosen Universitas Sahid, Rahtika Diana mengatakan menginap di homestay juga dinilai bisa menambah pengalaman serta informasi terkait kebiasaan warga lokal di daerah tersebut. Para tamu bisa belajar tentang living culturemasyarakat sekitar yang tentunya akan menambah pengalaman liburan mereka.

“Kita wisata budaya, yang ingin kita dapatkan itu cara masaknya, mata pencaharian mereka apa, apa yan mereka lakukan,” jelas Rahtika.

Hal-hal kecil seperti rutinitas sehari-hari, bahasa daerah yang digunakan, serta kebiasaan adat istiadat bisa jadi pengalaman menarik bagi wisatawan. Adanya interaksi tersebut diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi homestay yang tidak hanya dianggap sekadar tempat menginap saja.

Bagaimana? tertarik menginap di Homestay Dieng ?